Jelang Liga Champions : Mau Kalahkan Barcelona, Arsenal ? Hentikan Busquets

Jelang Liga Champions : Mau Kalahkan Barcelona, Arsenal ? Hentikan Busquets
Jelang Liga Champions : Mau Kalahkan Barcelona, Arsenal ? Hentikan Busquets

Jelang Liga Champions : Mau Kalahkan Barcelona, Arsenal ? Hentikan Busquets, – Barcelona menjadi favorit utama untuk menjadi tim pertama yang akan mempertahankan gelar liga Champions yang telah diraihnya tahun lalu, saat ini La Blaugrana berada dalam performa yang luar biasa, dalam 32 pertandingan tak terkalahkan di seluruh pertandingan kompetitif. Lantas bagaimana Arsenal bisa menghentikan Barcelona ?? Mulailah dengan menghentikan Busquets…

Tak terhentikan, begitulah gambaran Barcelona saat ini, Blaugrana merupakan salah satu dari 16 tim yang masih memiliki peluang untuk menjuarai gelar liga Champions yang di raihnya musim lalu. Sepanjang musim ini mereka belum terkalahkan dalam 32 pertandingan yang telah dilaluinya.

Luis Suarez menjadi top skor sementara di liga Spanyol, sementara Lionel Messi, baru-baru ini merengkuh penghargaan pemain terbaik dunia Ballon d’Or dengan meraih gelar kelima, yang terbanyak sepanjang sejarah. Sementara Neymar disebut-sebut akan menjadi pemain terbaik berikutnya dari Barcelona.

Itulah gambaran dari lini depan Barcelona saat ini, menggetarkan bukan ? namun jika mengumpamakan Barcelona sebagai sebuah mesin, maka tentu saja mesin pun membutuhkan bahan bakar. Di Barcelona bahan bakarnya adalah Sergio Busquets.

Busquets Merupakan Pemain Fundamental Bagi Kami, Kata Enrique
Busquets Merupakan Pemain Fundamental Bagi Kami, Kata Enrique

” Dia adalah pemain fundamental bagi kami” kata pelatih kepala Barcelona, Luis Enrique diawal musim ini. ” Ketika dia berada di lapangan, tim kami akan mendapatkan kesatuan, baik dari segi pertahanan maupun penyerangan. Dia adalah pemain yang unik”

Fundamental dan Unik dan menjadi pemain terpenting dari Barcelona. Barcelona bisa saja menjadi tim tidak terkalahkan dalam 32 pertandingan namun ada beberapa bukti yang melibatkan Busquets dalam membuat permainan Barcelona menjadi lebih fluid dan cair di lapangan.

Beberapa tim memilih untuk bermain bertahan menghadapi Barcelona, yang berarti harus bermain berani dan meninggalkan segala cara dan kepercayaan untuk dapat mengalahkan Barcelona. Suatu cara yang dipilih oleh Jose Mourinho bersama Inter Milan di tahun 2010. Namun taktik ini dijamin tidak akan digunakan oleh Arsenal dalam pertandingan nanti.

” Kita selalu melihat, jika suatu tim bermain melawan Barcelona baik dengan menggunakan 4 bek, memaksa masuk 2 pemain gelandangnya untuk menjadi 6 orang bek dibelakang, dan langsung hancur terkena permainan penguasaan bola dari Barcelona, demikian jelas ahli sepakbola Spanyol, yang bekerja untuk Sky Sports, Terry Gibson.

” Aku merasa jika anda mau menekan Barcelona, maka tekanlah Sergio Busquets, buat dia merasa tidak nyaman dan itu akan membuat Barcelona tidak ada pilihan untuk bermain bola-bola pendek kesukaannya.”

” Tentu saja mereka bisa memainkan bola-bola panjang, namun umumnya mereka bermain dengan pola yang sudah tertata yang akan mengarah ke Suarez, dibandingkan dengan sebuah bola panjang dari Javier Mascherano yang akan terlalu mudah untuk dimentahkan di barisan tengah. Menurutku inilah yang harus dilakukan Arsenal jika mau mengalahkan Barcelona.

Eduardo Berizzo, merupakan salah satu pelatih yang berhasil menghancurkan pola tiki-taka dari Barcelona, kala Celta Vigo tim yang dibesutnya mengalahkan Barcelona 4 – 1 di Galicia pada bulan September. Bermain dengan pressing tinggi, mereka menguasai tim tamu, dan Busquets ? hampir tidak kelihatan di sepanjang pertandingan

Roberto Rodriquez salah satu penulis di harian La Vanguardia, koran lokal di Catalan, menulis di kolomnya ” Celta berhasil membangkitkan total football” yang membuat Barcelona tidak bisa berkembang, terutama Busquets.

Sejauh ini, tingkat keberhasilan mengumpan dari Busquets ini sebesar 89.2% di liga Spanyol, sementara di Liga Champions lebih besar lagi mencapai 92,5%. Namun melawan Celta Vigo, dia hanya mampu membuat 80,5% tingkat keberhasilan mengumpan, yang merupakan rasio terkecilnya di sepanjang musim ini.

Strategi dari Celta Vigo tersebut tentunya bisa dicoba oleh Arsene Wenger dan Arsenal, karena The Gunners merupakan salah satu tim yang tidak hanya mengandalkan pertahanan kala berhadapan dengan Barcelona, dan berusaha untuk mengendalikan pertandingan.

Pundit Skysports Guillem Balague menyatakan ” Beberapa orang percaya, Arsenal adalah merupakan tim yang paling mirip dengan Barcelona, namun sebenarnya tidak, Celta Vigo lah yang mirip dengan mereka”. Celta memainkan sepakbola dengan pressing tinggi, disiplin, dan penguasaan bola yang baik.

Namun tidak hanya Celta yang menerapkan taktik yang sama dan menuai sukses ketika berhadapan dengan Barcelona, Malaga juga menyulitkan Barcelona, baru-baru ini di bulan Januari. Sebelum akhirnya secara kebetulan dikalahkan oleh Barcelona dengan skor tipis 2 – 1, dan sekali lagi Busquets merupakan targetnya. Jumlah Passing yang berhasil dilakukannya pada pertandingan melawan Malaga tersebut berkisar diangka 86,4%

” Mereka bermain buruk kala berhadapan dengan Malaga di babak pertama, dan sekali lagi apa yang dilakukan oleh Malaga ? mematikan Busquets, tambah Gibson. “Saat itu Busquets pun tidak sedang dalam kondisi terbaiknya, dan Barcelona harus bersusah payah di pertandingan tersebut. Celta Vigo melakukannya, justru dengan saat 6 pemain utamanya tidak bermain”

“Gol kemenangan tersebut lahir dari sebuah tendangan jarak jauh. Namun yang pasti, tidak akan ada harapan bagi tim anda apabila berhadapan dengan Barcelona tanpa memiliki rencana dan strategi, dan itulah dia buat Busquets tidak merasa nyaman.

Parkir bus bisa jadi bukan merupakan gaya permainan dari Arsenal, namun bisa jadi akan ada cara lain untuk tim dari Arsene Wenger. Dengan menghentikan Busquets mungkin bisa jadi akan menghentikan Barcelona.

Baca juga :

 

Author: Betplace88