Published On: Wed, Mar 9th, 2016

10 Manager Sepakbola Terbaik Sepanjang Masa

10 Manager Sepakbola Terbaik Sepanjang Masa

10 Manager Sepakbola Terbaik Sepanjang Masa

10 Manager Sepakbola Terbaik Sepanjang Masa, – Sepakbola saat ini bukan hanya ditentukan oleh pemain-pemain yang ada didalamny saja, namun juga dipengaruhi oleh manager yang terkenal memiliki disiplin dan kekuatan mental yang amat baik pula.

Memiliki sekumpulan pemain hebat, terkadang belum tentu mampu menghasilkan gelar juara jika tidak memiliki pelatih / manager yang mumpuni pula. Para manager ini akan memberikan pola dan karakter baru terhadap sebuah tim yang di pimpinnya. Dan manager yang terbaik adalah yang mampu memaksimalkan potensi dari seluruh pemain yang dimilikinya.

Hari ini mari kita melihat, beberapa pelatih legendaris atau yang masih bertugas hingga kini dan telah bergelimang gelar juara bersama klub-klub yang dipimpinnya.

10. Pep Guardiola

  • Karir Pelatih : FC Barcelona dan Bayern Munchen
  • Raihan Gelar : 3 gelar juara Liga Spanyol, 2 gelar liga Champions, 3 gelar Copa del Rey, 3 gelar Bundesliga Jerman

Guardiola memulai kiprahnya sebagai manager dengan menukangi klub terakhirnya sebagai pemain, FC Barcelona. Pilihan managemen Barcelona terbukti tepat, setelah Pep membawa Barcelona menjelma sebagai klub tersukses dalam satu dekade terakhir.

Guardiola membawa Barcelona meraih hasil sensasional di tahun 2008 dengan menyapu bersih seluruh kejuaraan yang mereka ikuti. Bersama klub Catalan tersebut Guardiola mempersembahkan dua gelar liga Champions dan memenangkan 3 gelar liga Spanyol, sebelum akhirnya meninggalkan Barcelona untuk menerima tantangan melatih di liga Jerman bersama Bayern Munchen.

Tiga musim bersama Bayern Munchen, Guardiola meraih 3 gelar liga dan 2 gelar piala Jerman.

9. Ottmar Hitzfeld

  • Bersama Klub : Borussia Dortmund dan Bayern Munchen
  • Raihan Gelar : 2 gelar liga Jerman dan 1 gelar liga Champions ( Bersama Dortmund ) dan 5 gelar liga Jerman serta 1 liga Champions ( bersama Munchen )

Salah satu pelatih hebat yang pernah ada di Jerman, Ottmar Hitzfeld memulai karirnya yang gemilang bersama klub negara asalnya di Swiss, sebelum bergabung dengan raksasa Jerman, Borussia Dortmund. Bersama Dortmund, Hitzfeld mempersembahkan 2 gelar liga Jerman, 2 gelar Piala Jerman, dan 1 gelar liga Champions tahun 1997 sebelum bergabung dengan Bayern Munchen yang memperoleh 5 gelar liga Jerman, 3 gelar piala Jerman, dan gelar liga Champions hanya dalam waktu 6 tahun.

8. Carlo Ancelotti

  • Karir Pelatih : Juventus, AC Milan, Chelsea, PSG, Real Madrid
  • Raihan Gelar : 2 gelar liga Champions dan 1 gelar Serie A bersama AC Milan, gelar liga Inggris bersama Chelsea dan PSG di Prancis, serta meraih 1 gelar liga Champions bersama Real Madrid

Carlo Ancelotti merupakan otak dibalik tahun-tahun kejayaan AC Milan di Italia dan Eropa dari tahun 2001 sampai 2007. Dalam masa tersebut, Ancelotti membawa I Rossoneri merebut 2 gelar liga Champions dan 1 gelar Serie A Italia, serta gelar-gelar minor lainnya.

Bersama Chelsea, Ancelotti pun memenangkan gelar liga Primer Inggris yang kemudian menyusul meraih gelar liga Championsnya yang ke tiga bersama Real Madrid. Ancelotti kemudian sudah dikontrak untuk menjadi pelatih kepala Bayern Munchen musim 2016/2017 mendatang.

7. Brian Clough  

  • Karir Manager : Derby County dan Nottingham Forest
  • Raihan Gelar : gelar liga Inggris divisi 1 bersama Derby County tahun 1972, 1 gelar divisi 1 liga Inggris bersama Nottingham Forest, 2 gelar Piala Champions dan 4 gelar Piala Liga.

Brian Clough bisa jadi tidak mendapatkan gelar yang berlimpah seperti pelatih-pelatih lainnya dalam daftar, namun Brian Clough merupakan figur manager legendaris di Inggris, yang berhasil membawa tim yang berada di dasar klasemen divisi 1 liga Inggris hingga memperoleh gelar juara.

Sepanjang karirnya sebagai pelatih, Brian Clough tidak pernah menangani klub-klub yang bergelimang finansial di Inggris, namun torehan gelar Piala Champions secara beruntun yang diraihnya bersama Nottingham Forest, akan tercatat sebagai raihan yang sangat luar biasa di Inggris.

6. Vicente del Bosque

  • Karir Pelatih : Real Madrid, Tim nasional Spanyol
  • Raihan Gelar : 2 gelar liga Spanyol, 2 gelar piala Spanyol, 2 gelar liga Champions bersama Real Madrid. 1 gelar piala dunia dan 1 gelar piala Eropa bersama tim nasional Spanyol

Del Bosque merupakan sosok yang dihormati di Spanyol. Karirnya selalu bergelimang gelar baik sebagai pemain maupun kala menjadi pelatih. Sebagai pemain dia memenangkan 5 gelar liga Spanyol bersama Madrid, sebelum menjadi pelatih kepala Los Blancos di musim 1998/1999 hingga akhir 2003.

Bersamanya Madrid mengemas 2 gelar liga Spanyol dan 2 gelar liga Champions, sebelum akhirnya memutuskan untuk melatih tim nasional Spanyol, setelah tim matador berhasil meraih gelar piala Eropanya yang pertama pada tahun 2008.

Del Bosque merupakan pelatih kepala Spanyol yang meraih gelar ganda, Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

5. Jose Mourinho

  • Karir Pelatih : FC Porto, Chelsea ( 2 Periode ), Inter Milan dan Real Madrid
  • Raihan Gelar : 3 gelar liga Portugal, 1 gelar piala UEFA dan 1 gelar liga Champions bersama FC Porto. 3 gelar liga Inggris bersama Chelsea. 2 gelar Serie A Italia, dan 1 gelar liga Champions bersama Inter Milan, serta 1 gelar liga Spanyol bersama Real Madrid.

Kemungkinan merupakan salah satu pelatih dan manager paling unik yang pernah ada, Jose Mourinho berkembang menjadi pelatih besar bersama FC Porto di liga Portugal, klub negara asalnya. Di tangannya Porto mendominasi liga Portugal, meraih 3 gelar liga secara beruntun ditambah 2 gelar di Eropa ( 1 gelar UEFA + 1 gelar liga Champions ) yang diraih secara beruntun.

Bergabung bersama Chelsea, dan kembali meraih gelar liga Inggris secara beruntun di tahun-tahun awalnya sebagai manager di Inggris. Kepindahannya ke Inter Milan membawa keberuntungan bagi tim kota mode tersebut, dimana La Beneamata dibawanya meraih gelar treble pada musim 2009/2010.

Memang Mourinho tidak memiliki karir yang baik sebagai pemain sepakbola, namun sebagai manager, dia merupakan jaminan atas trophy terhadap seluruh klub yang di pimpinnya.

4. Bob Paisley

  • Karir Pelatih : Liverpool
  • Raihan Gelar : 6 gelar liga Inggris divisi 1, 3 gelar Piala Champions, 1 gelar Piala UEFA dan 4 gelar Piala Liga bersama Liverpool hanya dalam 9 tahun karirnya sebagai pelatih kepala Liverpool.

Bob Paisley memenangkan 19 gelar bersama Liverpool hanya dalam waktu 9 tahun. Tahun-tahun the reds, Liverpool bersama Paisley merupakan tahun-tahun penuh masa kejayaan, pada dekade 1970 – an hingga 1980 – an.

Liverpool dibawanya mendominasi liga Inggris, dengan 6 gelar liga Inggris, namun gelar tersebut mungkin biasa saja bagi sebagian orang. Kemampuannya yang juga mampu membawa Liverpool mendominasi Eropa dengan meraih kemenangan 3 gelar Piala Champions dalam waktu 4 tahun saja, menjadikannya salah satu pelatih legendaris yang pernah ada di bumi ini.

3. Rinus Michels

  • Karir Pelatih : Ajax, Koln, Barcelona, Bayer Leverkusen dan tim nasional Belanda
  • Raihan gelar : 4 gelar liga Belanda dan 4 gelar Piala Champions bersama Ajax Amsterdam, gelar liga bersama FC Koln dan Barcelona. Serta 1 gelar juara Piala Eropa bersama tim nasional Belanda

Merupakan pelatih / manager terbaik abad ini berdasarkan pilihan dari FIFA, Rinus Michels memiliki pengaruh yang sangat kuat di sepakbola Eropa, khususnya penemuannya akan gaya dan sistem permainan yang disebutnya ‘ Total Football “.

Michels merupakan otak berjayanya kembali Ajax Amsterdam, dari tim yang nyaris terdegradasi menjadi tim pemenang Piala Champions yang diraihnya secara beruntun. Dia juga membawa Belanda yang saat itu berisi pemain-pemain berbakat ke final kejuaraan Piala Dunia dalam 2 edisi secara beruntun.

Sementara dalam kasta yang sedikit lebih rendah, Piala Eropa, Rinus Michels membawa Belanda meraih satu-satunya gelar mayor yang dimiliki Belanda hingga kini pada tahun 1988. Mari sejenak kita melupakan dengan gelimangan gelar ketika membicarakan Rinus Michels.

Kontribusinya terhadap sepakbola, mungkin tidak tergantikan ketika dia memperkenalkan sistem baru ” Total Football ” kepada tim nasional Belanda dan Ajax Amsterdam.

2. Sir Alex Ferguson

  • Karir Pelatih : Aberdeen dan Manchester United
  • Raihan Gelar : 13 gelar liga Inggris, 2 gelar liga Champions, 5 gelar Piala FA serta 4 gelar piala liga seluruhnya bersama Manchester United

Jika ditotal seluruhnya maka raihan gelar Alex Ferguson berjumlah 38 trophy dalam 27 tahun kebersamaannya bersama Manchester United. Ketika pertama kali datang ke Manchester sebagai manager baru setan merah, dia berucap akan menjatuhkan Liverpool dari dominasinya di liga Inggris.

Kala itu memang Liverpool sedang berada di masa-masa kejayaannya, dan ucapannya tersebut memantik permusuhan yang lebih intens antara kedua tim ini. Dia kemudian membawa Manchester United meraih 13 gelar liga Inggris dalam 27 tahun karirnya bersama MU dan ucapannya terbukti ketika dia membawa United menjadi klub tersukses di Inggris mengalahkan Liverpool dengan 20 gelar juara.

Sir Alex Ferguson, menyatakan pensiun dari dunia sepakbola pada tahun 2013, dia bukan hanya menjadikan MU sebagai klub tersukses di Inggris namun juga menjadikannya sebagai klub terbesar di dunia baik diatas lapangan maupun di pasaran.

Tidak ada manager di dunia ini yang mampu melebihi pencapaian dari Sir Alex Ferguson baik dalam hal prestasi maupun dalam hal sharing market

 

***
Gabung dan Daftar Taruhan Bola Online dan Sportsbook Sbobet Terpercaya via Betplace88.com - Hubungi Customer Service Betplace88.com atau link alternatifnya Betplace88.co Atau Silahkan langsung isi formulir pendaftarannya berikut ini!